Beranda | Artikel
Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)
Sabtu, 16 Mei 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Kholid Syamhudi

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Rekaman video: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. – Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya dari Seri Fiqih Keluarga

Ringkasan Ceramah tentang Fiqih Keluarga

Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya

Keshalihan atau kefasikan orang tua sangat berpengaruh terhadap anak-anaknya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ وَيُمَجِّسَانِهِ

“Setiap bayi yang lahir itu lahir dalam keadaan fitrah (Islam). Orang tuanya lah yang membuatnya menjadi Yahudi, Nashrani, dan Majusi.”

Dari sini diketahui bahwa pengaruh orang tua sangatlah besar terhadap anak-anaknya. Maka dari itu Islam sangat menganjurkan kepada para umatnya untuk berhati-hati dalam memilih pasangan.

Keshalihan orang tua akan mempengaruhi keshalihan anak-anaknya juga, dan Allah akan merahmati anak-anak yang orang tuanya shalih. Ada kisah di dalam Al-Qur’an yang menggambarkan hal ini. Allah Ta’ala berfirman:

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحاً فَأَرَادَ رَبُّكَ أَنْ يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِع عَّلَيْهِ صَبْراً

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13751-pengaruh-orang-tua-terhadap-pendidikan-anaknya-ustadz-kholid-syamhudi-lc/